Wednesday, 16 October 2019

Laporan Keuangan Daerah

Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah Lebih Cepat dan Transparan

DINDA CANTIK merupakan akronim dari Dinas Pendapatan Daerah, Cepat dan Simpatik. Motto ini diluncurkan untuk memperbaiki pelayanan pembayaran pajak dan retribusi sebagai penopang pembangunan daerah. Dengan motto ini, pelayanan terhadap wajib pajak lebih cepat, simpatik, transparan dan akuntabel.

Kepala Dipenda Wonosobo Drs. M. Kristijadi, M.Si., mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan terhadap wajib pajak (WP), pihaknya telah melakukan berbagai trobosan layanan. Tujuannya untuk mempermudah kebutuhan WP dalam melaksanakan kewajibannya, yakni membayar pajak dan retribusi daerah. "Sekarang layanan front office telah menempati gedung baru sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Pola layanan mendasarkan pada kecepatan, simpati kepada pembayar dan transparan," kata beliau.

Fasilitas dengan sarana prasarana yang memadai juga disajikan demi kecepatan dan kenyamanan layanan. Apalagi, kata Kristijadi, saat ini pihaknya juga sudah mulai mengembangkan pelayanan berbasis Teknologi Informasi (IT). "Pelayanan pajak dan retribusi daerah berbasis IT diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan sekaligus meningkatkan potensi yang ada," kata Kristijadi saat ditemui di kantornya jalan Pasukan Ronggolawe No.21 Wonosobo.

Kepala bidang Pelayanan dan Pengelolaan Data dan Informasi Sulistiani, S.Sos., M.Si., menambahkan, jenis layanan pajak dan retribusi daerah yang dapat diakses di Kantor Layanan Dipenda yakni Pajak Bumi dan Bangunan-Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) meliputi pendaftaran obyek atau subyek PBB baru, pembetulan, keberatan, penguangan, mutasi obyek atau subyek PBB, pembatalan atau penghapusan dan salinan SPPT.

"Adapun jenis pelayanan retribusi yang diselenggarakan yakni retribusi pasar, retribusi obyek wisata, retribusi terminal dan retribusi parkir," kata beliau. Kemudian untuk pelayanan pajak daerah lainnya yang diselenggarakan Dipenda meliputi pembayaran atau penyetoran pajak hotel, pajak reklame, pajak restoran dan pajak hiburan.

Mengenai pelayanan pajak dan retribusi daerah berbasis teknologi informasi, Kristijadi menandaskan bahwa Dipenda akan memanfaatkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Secara bertahap pihaknya akan menggunakan aplikasi-aplikasi yang memudahkan dan mempercepat layanan antara lain aplikasi Elektronik Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (e-BPHTB), Sistem Informasi Retribusi (e-Retribusi), Elektronik Pajak Hotel dan Restoran (e-PHR), Elektronik Pajak Daerah (e-Local Tax), Elektronik Pajak Bumi dan Bangunan (e-PBB) yang merupakan peremajaan dari aplikasi SISMIOP dan Elektronik Pajak dan Retribusi Daerah (e-PDRD). "Kami terapkan layanan Cantik, Cepat dan Simpatik," katanya.

Di sisi lain Kristijadi menambahkan, Dipenda juga menggunakan teknologi pelaporan host to host, dimana database pajak dan retribusi daerah Dipenda berintegrasi dengan databese Bank Jateng yang dikelola melalui sistem layanan website, sehingga penyajian informasi realisasi diharapkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. "Dipenda Wonosobo juga senantiasa memegang komitmen terhadap upaya keterbukaan informasi kepada publik dengan membuka seluas-luasnya informasi yang dibutuhkan masyarakat dan membuka akses komunikasi melalui pelayanan informasi dan pengaduan," katanya.

Dikatakan beliau, baik wajib pajak, wajib retribusi maupun mesyarakat lainnya dapat memohon dan memperoleh informasi serta berkonsultasi dengan petugas di desk layanan Dipenda. Di situ masyarakat juga dapat melayangkan pengaduan, keberatan atau masukan terkait layanan pajak dan retribusi daerah. "Dalam transaksi pembayaran, wajib pajak dan retribusi langsung melakukan pembayaran ke bank Jateng, yang sudah tersedia juga di ruang pelayanan Dinda Cantik," jelasnya.

Berita ini di muat dalam koran Jawa Pos hari ini tanggal 13 September 2016.

 

        

Link Partner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Pengunjung

0040247
Hari iniHari ini28
KemarinKemarin38
Minggu iniMinggu ini149
Bulan iniBulan ini647
Total PengunjungTotal Pengunjung40247
Pengunjung terbanyak 26.09.2017 : 124

 

Scan menggunakan Smartphone anda untuk akses cepat

Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo, Jln. Pasukan Ronggolawe No 23 Wonosobo, Telp (0286)321245 Fax (0286)321735, Kode Pos 56311 e-mail : bppkad@wonosobokab.go.id