Wednesday, 18 September 2019

Laporan Keuangan Daerah

Alur Proses BPHTB

  • Published: Monday, 14 September 2015 11:11
  • Written by Admin Dipenda
  • Hits: 3628

Tentang E-BPHTB
 
  • Pemerintah Kabupaten Wonosobo saat ini telah mengembangkan sistem aplikasi e-BPHTB secara online khusus untuk PPAT dan Wajib Pajak sehingga diharapkan administrasi dan transaksi BPHTB bisa lebih efisien dan tepat waktu. Sistem aplikasi BPHTB ini didesain dengan basis web sehingga bisa diakses dari kantor Wajib Pajak (WP), PPAT/PPATS dan Notaris dengan menggunakan fasiltas layanan internet. Untuk wajib pajak perorangan atau umum juga bisa mengakses sistem aplikasi ini dengan menggunakan user login khusus yang disiapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wonosobo.
 
Gambaran Umum Proses Administrasi dan Sistem:
 
  1. PPAT mengisi SPTPD bphtb dari kantor PPAT via PC terkoneksi internet, dan langsung cetak SSPD.
  2. Verifikasi dilakukan by system berdasarkan harga Zona Nilai Tanah (ZNT) pengganti, Apabila memang yakin data transaksi dibawah sistem, PPAT mencetak surat permohonan untuk dilakukan verifikasi lapangan.
  3. WP / Kuasa WP Membayar ke Bank TempatPembayaran atau Bnd Penerimaan DIPENDA
  4. Petugas Bank menerima pembayaran dari WP / Kuasa WP, Kemudian memberikan Notifikasi Pembayaran pada berkas SSPD BPHTB
  5. Petugas Pencatat Pembukuan Dispenda menerima notifikasi dari sistem BPHTB tentang pelunasan pembayaran dari Bank dan memberikan notifikasi keBPN.
  6. Petugas BPN menerima notifikasi bahwa PPAT boleh mengambil sertifikat dari BPN.
  7. WP / Kuasa WP mengambil sertifikat dan proses selesai.
  8. Administrator system sebagai penanggungjawab jalannya sistem dan prosedur e-BPHTB