Wednesday, 18 September 2019

Laporan Keuangan Daerah

Meraih Opini WTP Lagi

BPPKAD - Pemerintah Kabupaten Wonosobo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2017. Capaian itu menjadi yang kedua, setelah tahun sebelumnya meraih predikat serupa untuk LKPD 2016.

 

Penilaian atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD tersebut diberikan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Jawa Tengah hari Senin sore (28/5/2018) di Kantor BPK RI Perwakilan Semarang. Penyerahan LHP LKPD tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Heru Subowo dan diterima langsung oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo Afof Nurhidayat. Penilaian tersebut meliputi, kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas pengendalian internal. "Dari parameter itu, BPK memberikan penilaian dalam bentuk opini, apakah WTP, Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar (TW) dan Tidak Melakukan Pemeriksaan (TMP)," terang Heru. Ia menyampaikan, bahwa penyerahan LHP LKPD TA 2017 merupakan termin keempat yang terdiri dari 26 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, Kabupaten Tegal termasuk dalam 23 daftar pemerintah kabupaten/kota peraih opini WTP dari BPK RI. Lebih lanjut, ia mengaku bahwa ada pandangan publik yang kurang tepat mengenai WTP. "Capaian WTP bukan jaminan daerah bebas dari praktik korupsi. WTP merupakan indikasi kewajaran pada semua hal yang bersifat material sesuai SAP," ujarnya. Heru juga menegaskan, penilaian WTP ini tidak dapat dipesan karena Semua LKPD diperiksa secara profesional. Secara pribadi Bupati Wonosobo mengapresiasi kinerja seluruh OPD yang solid dalam bekerjasama, saling mengisi untuk mencapai tujuan akuntabilitas pemerintahan. .

Foto Lebih Banyak

        

Link Partner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Pengunjung

0039038
Hari iniHari ini36
KemarinKemarin50
Minggu iniMinggu ini177
Bulan iniBulan ini855
Total PengunjungTotal Pengunjung39038
Pengunjung terbanyak 26.09.2017 : 124

 

Scan menggunakan Smartphone anda untuk akses cepat

Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo, Jln. Pasukan Ronggolawe No 23 Wonosobo, Telp (0286)321245 Fax (0286)321735, Kode Pos 56311 e-mail : bppkad@wonosobokab.go.id