Wednesday, 18 September 2019

Laporan Keuangan Daerah

Opini WTP LKD Tahun 2018

 SEMARANG - BPK RI Perwakilan Jateng memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian kepada 26 pemerintah kota dan kabupaten. Predikat itu disampaikan dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jateng, Selasa (28/5/2019).

 

Dihadapan Kepala Daerah, Ketua DPRD, dan Inspektur dari 26 pemerintah daerah (Pemda).Laporan Hasil Pemeriksaan tahun 2018 itu diserahkan langsung oleh Kepala Pewakilan (Kalan) BPK Provinsi Jateng, Ayub Amali kepada ketua DPRD dan kepala daerah dari masing-masing Pemda yang salah satunya adalah Kabupaten Wonosobo dengan predikat WTP. Opini Wajar Tanpa Pengecualian ini untuk ketiga kalinya berturut – turut diterima oleh Kabupaten Wonosobo atas Laporan Keuangan Tahun 2016, 2017 dan tahun 2018.

Ayub Amali menegaskan, opini WTP yang diperoleh pemda bukan merupakan hadiah dari BPK, tapi memang merupakan buah kerja keras masing-masing pemda. “Kerja audit mirip dengan kerja memotret. Bila yang dipotret baik, hasilnya akan baik. Tapi kalau objek yang dipotret buruk, hasilnya juga pasti akan buruk. Jadi tanpa upaya semua jajaran Pemda, opini WTP tidak akan tercapai,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Opini BPK atas LKPD didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Setelah BPK menyerahkan laporan hasil pemeriksaan kepada DPRD, pejabat Pemda wajib menindaklanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari setelahnya.

Meski 26 Pemda tersebut sudah memperoleh opini WTP, namun BPK masih menemukan beberapa catatan terkait Sistem Pengendalian Internal (SPI) maupun kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Catatan itu diantaranya adalah penatausahaan dan pengamanan aset yang tetap belum dilaksanakan dengan tertib.

 

(Penulis: rival al-manaf  editor : Admin)

Sumber :Tribun Jateng

Foto Lebih Banyak

        

Link Partner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Pengunjung

0039038
Hari iniHari ini36
KemarinKemarin50
Minggu iniMinggu ini177
Bulan iniBulan ini855
Total PengunjungTotal Pengunjung39038
Pengunjung terbanyak 26.09.2017 : 124

 

Scan menggunakan Smartphone anda untuk akses cepat

Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo, Jln. Pasukan Ronggolawe No 23 Wonosobo, Telp (0286)321245 Fax (0286)321735, Kode Pos 56311 e-mail : bppkad@wonosobokab.go.id