Monday, 28 September 2020

Laporan Keuangan Daerah

Link Partner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Pengunjung

0065836
Hari iniHari ini59
KemarinKemarin110
Minggu iniMinggu ini137
Bulan iniBulan ini3622
Total PengunjungTotal Pengunjung65836
Pengunjung terbanyak 06.09.2020 : 213

Pelatihan e-PBB

WONOSOBO – Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) menggelar pelatihan e-PBB bagi Admin dari 256 Desa / Kelurahan dan Kecamatan se-Wonosobo, mulai Selasa, 10 Maret sampai dengan Kamis 19 Maret 2020 mendatang. Pelatihan yang digelar di Aula Utama Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo tersebut, dinilai menjadi langkah efektif untuk meningkatkan pendapatan asli daerah secara maksimal.

Kasubag Pelayanan Umum, Data dan Informasi BPPKAD, Ridwan Setia Nugraha ketika ditemui di sela pelatihan, pada Kamis (12/3/2020) mengatakan, siklus pengelolaan PBB terdiri dari 5 hal utama kegiatan pokok. Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2), yang ada di process production, yang meliputi pendataan, penilaian, penetapan, penerimaan, dan penagihan, sedangkan di luar procces production yaitu ada fungsi pelayanan dan host to host pembayaran PBB.

Pelaksanaan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) dengan system host to host menurut Ridwan saat ini sudah masuk tahun ke-2 dan ditujukan untuk mempermudah palayanan kepada masyarakat dengan menyediakan akses pembayaran ke bank persepsi (Bank Jateng) namun Bank Jateng telah membuka chanel2 pembayaran, sehingga PBB bisa dibayaran melalui ATM bank manapun bahkan bisa juga dibayarkan melalui online shop.

Dalam pengelolaan PBB, ia juga menuturkan masih banyak tantangan yang harus diselesaikan bersama terutama kualitas dan kuantitas SDM, jaringan, serta data yang belum sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Melalui pelatihan tersebut, Ia mengaku sangat berharap kepada para peserta bisa untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya dan segera bisa diimplementasikan di wilaah masing2 karena ini sangat penting, sebab para admin PBB merupakan garda terdepan Pemerintah Kabupaten dalam pengelolaan pembayaran PBB di Kabupaten Wonosobo. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat bermanfaaat bagi kita, masyarakat, dan daerah,” tutupnya.

(editor by Admin)

Sumber :Seputar Wonosobo

 

 

Scan menggunakan Smartphone anda untuk akses cepat

Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo, Jln. Pasukan Ronggolawe No 23 Wonosobo, Telp (0286)321245 Fax (0286)321735, Kode Pos 56311 e-mail : bppkad@wonosobokab.go.id