Monday, 28 September 2020

Laporan Keuangan Daerah

Link Partner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Statistik Pengunjung

0065828
Hari iniHari ini51
KemarinKemarin110
Minggu iniMinggu ini129
Bulan iniBulan ini3614
Total PengunjungTotal Pengunjung65828
Pengunjung terbanyak 06.09.2020 : 213

Host to Host BPN

BPPKAD – Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo sepakat melakukan kerja sama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo. Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Rencana Kerja Pengintegrasian Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Data Pertanahan Untuk Optimalisasi Pengelolaan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan, Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan, Pensertipikatan Dan Penyelesaian Permasalahan Tanah Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo antara Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo dengan Pratomo Edi Wibowo selaku Plt Kepala BPN Kabupaten Wonosobo.

Ada empat poin utama yang dikerjasamakan, yakni integrasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dukungan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), pemanfaatan ZNT, dan optimalisasi Aplikasi Intip. Penandatangan tersebut dilakukan di ruang Setda Kabupaten Wonosobo Rabu (10/6/2020), yang juga disaksikan oleh Inspektorat, Bapeda dan Tim Kerjasama Daerah.

Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama tersebut, tim teknis melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan Pusdatin BPN Pusat untuk mengintegrasikan Aplikasi e-BPHTB BPPKAD dengan Komputerisasi Kegiatan Pertanahan BPN. Tim teknis BPPKAD telah melakukan develop webservice e-tanah.wonosobokab.go.id sehingga antara e-BPHTB Kab. Wonosobo dengan KKP BPN Kabupaten Wonosobo bisa terintegrasi melalui webservice tersebut. Dengan integrasi ini, semua pengalihan hak di Kantor Pertanahan tidak bisa diproses apabila Pajak BPHTB belum dibayarkan.

Integrasi antara e-BPHTB dengan KKP Pertanahan ditandai dengan acara Launching Host to host Aplikasi e-BPHTB Kabupaten Wonosobo dengan Komputerisasi Kegiatan Pertanahan BPN Kabupaten Wonosobo di Aula BPPKAD Kab. Wonosobo, Kamis (25/6/2020). Dalam sambutannya Pratomo Adi Wibowo selaku plt. Kepala Kantor Pertanahan Kab. Wonosobo menyampaikan bahwa manfaat dari host to host adalah akan meningkatkan pendapatan daerah dari perolehan BPHTB dengan meminimalisir pemalsuan BPHTB serta mempercepat proses pelayanan pertanahan. Sedangkan Sumaedi selaku Assisten II Sekda menyampaikan bahwa pendapatan BPHTB akan bisa dimaksimalkan dengan meningkatkan sarana dan prasarana di fasilitas2 umum, dengan terpenuhinya sarana dan prasarana di fasilitas umum tentunya akan diikuti naiknya nilai tanah disekitarnya.

 

(Admin)

Sumber :BPPKAD-Wonosobo

 

 

Scan menggunakan Smartphone anda untuk akses cepat

Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo, Jln. Pasukan Ronggolawe No 23 Wonosobo, Telp (0286)321245 Fax (0286)321735, Kode Pos 56311 e-mail : bppkad@wonosobokab.go.id